Tugas dan Fungsi Organisasi Dinas Kesehatan


Berdasarkan Peraturan Darah Kabupaten Grobogan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah pasal 2, disebutkan Perangkat Daerah terdiri dari Sekretariat Daerah Tipe A, Sekretariat DPRD Tipe A, Inspektorat Tipe A, Dinas Daerah dan Badan Daerah. Adapun Dinas Daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan bidang kesehatan adalah Dinas Kesehatan Tipe A.

Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan dibentuk Unit PelaksanaTeknis Dinas (UPTD) terdiri dari UPTD Rumah Sakit Daerah dan Puskesmas sebagai unit organisasi bersifat fungsional dan unit layanan yang bekerja secara profesional. Rumah Sakit Daerah dan Puskesmasbersifat otonom dalam penyelenggaraan tata kelola rumah sakit, tata kelola Puskesmas dan tata kelola klinis serta menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).


Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan sesuai dengan Peraturan Bupati Grobogan Nomor 52Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas Jabatan dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan di bidang kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.