Program dan Kegiatan TA.2009

  • PDF

Program Obat dan Perbekalan Kesehatan

  1. Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan (Puskesmas) dengan sasaran kegiatan  tercukupinya kebutuhan obat dan bahan laborat dan Target  kegiatan  meningkatnya mutu obat dan bahan laborat.
  2. Pengadaan Obat Operasional Puskesmas dengan sasaran kegiatan  tercukupinya obat untuk operasional puskesmas dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan Target  kegiatan  meningkatnya mutu pengelolaan obat di puskesmas.


Program Upaya Kesehatan Masyarakat

  1. Terlaksananya Peningkatan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dengan sasaran kegiatan  tersediainya jasa untuk pelayanan rawat jalan gratis dan Target  kegiatan  tercukupinya anggaran untuk pelayanan rawat jalan gratis untuk meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat.
  2. Pembangunan/rehab puskesmas/pustu dan Rumdin dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pembangunan sarana pelayanan kesehatan di puskesmas dan pustu serta rumah dinas dan Target  kegiatan  meningkatnya kenyamanan pelayanan di puskesmas dan pustu serta rumah dinas.
  3. Peningkatan jaringan pelayanan kesehatan Peningkatan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dengan sasaran kegiatan  tersediainya jasa untuk pelayanan rawat jalan gratis dan Target  kegiatan  tercukupinya anggaran untuk pelayanan rawat jalan gratis untuk meningkatkan derajat kesehatan di masyarakatrujukan dengan sasaran kegiatan  terbentuknya SOP pelayanan kesehatan di puskesmas rawat inap dan RS  dan Target  kegiatan  meningkatnya pelayanan kesehatan di puskesmas rawat inap dan RS sesuai standart.
  4. Pengembangan laboratorium puskesmas dengan sasaran kegiatan  tersedianya reagent dan alat laboratorium dan Target  kegiatan  Meningkatnya mutu pelayanan laboratorium di puskesmas.
  5. Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dengan sasaran kegiatan  termonitornya pelayanan kesehatan di Puskesmas, Balai Pengobatan, rumah bersalin dan Target  kegiatan  meningkatnya pelayanan kesehatan di Puskesmas, Balai Pengobatan, Rumah Bersalin.
  6. Peningkatan fungsi polindes menjadi PKD dengan sasaran kegiatan  terlaksananya stimulan pengembangan PKD dan pelatihan bagi nakes pengelola PKD dan Target  kegiatan  meningkatnya fungsi polindes menjadi PKD.
  7. Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kesehatan dengan sasaran kegiatan  tersedianya DAK bidang kesehatan dan Target  kegiatan  terlaksananya pembangunan puskesmas/pustu, pembelian alat kesehatan dan mobil pusling.
  8. Revitalisasi puskesmas menuju ISO 9000 – 2001 dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pelatihan ISO 900 – 2001 bagi puskesmas dan Target  kegiatan  meningkatnya pelayanan kesehatan di puskesmas.
  9. Pendampingan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kesehatan dengan sasaran kegiatan  terlaksanya pembangunan sarana pelayanan kesehatan di puskesmas/pustu dan Target  kegiatan  meningkatnya kenyamanan dalam pelayanan di puskesmas / pustu.
  10. Peningkatan Kwalitas Pelayanan Jamkesmas dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin  dan Target  kegiatan  meningkatnya kwalitas pelayanan program jamkesmas kepada masyarakat.
  11. Penanggulangan GAKY dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pemantauan garam, pemeriksaan gondok dan darah neonatus dan Target  kegiatan  tertanganinya kasus GAKY.
  12. Revitalisasi Gerakan ASI Ekslusif dengan sasaran kegiatan  meningkatnya status kesehatan bayi dan Target  kegiatan  menurunnya kasus gizi buruk pada bayi.


Program Pengawasan Obat dan Makanan

  1. Pembinaan dan Pengawasan Peredaran Obat Komunitas dan Klinik dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pembinaan dan pengawasan obat komunitas dan klinik serta Target  kegiatan  meningkatnya mutu pelayanan kefarmasian di Apotek, IFRS, BP/RB.
  2. Pembinaan dan Pengawasan Obat Tradisional dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pembinaan dan pengawasan peredaran obat tradisional dimasyarakat serta Target  kegiatan  meningkatnya mutu pelayanan penyedia dan toko penjual obat tradisional.
  3. Pembinaan dan Pengawasan Kosmetika dan alkes dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pembinaan dan pengawasan peredaran kosmetika dan alkes dimasyarakat serta Target  kegiatan  meningkatnya mutu pelayanan penyedia Kosalkes dan toko penjual alat kesehatan.
  4. Pembinaan dan Pengawasan Makanan dan Minuman dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pembinaan dan pengawasan  makanan dan minuman serta Target  kegiatan  meningkatnya mutu pelayanan toko penjual makanan dan minuman serta toko penjual paket lebaran dan paket natal.


Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

  1. Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Mayarakat dengan sasaran kegiatan  tersedianya media promosi kesehatan untuk publik , terbinanya lomba desa PHBS dan Target  kegiatan  tersampaikannya informasi kesehatan dan meningkatnya tingkat perilaku hidup bersih sehat di masyarakat.
  2. Pengembangan Desa Siaga dengan sasaran kegiatan  tersedianya indikator kegiatan pengembangan desa siaga dan Target  kegiatan  meningkatnya pemberdayaan masyarakat desa.
  3. Pembinaan Posyandu dengan sasaran kegiatan  tersedianya sarana dan prasarana posyandu dan Target  kegiatan  meningkatnya peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan melalui posyandu.
  4. Sosialisasi Dampak Rokok Terhadap Derajat Kesehatan dengan sasaran kegiatan  tersedianya media informasi tentang dampak rokok terhadap derajat kesehatan masyarakat dan Target  kegiatan  tersampaikannya informasi tentang dampak rokok terhadap derajat kesehatan masyarakat.
  5. Lomba Cerdas Cermat dan Penjaringan Anak Sekolah Akibat Asap Rokok dengan sasaran kegiatan  meningkatnya pengetahuan, kemauan dan kemampuan para siswa dan Target  kegiatan  terpilihnya siswa terbaik dalam pengetahuan dan sikap tentang kesehatan serta dapat menciptakan lingkungan sehat yang bebas rokok.


Program Perbaikan Gizi dan Masyarakat

  1. Pembinaan Kesehatan Keluarga dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya review Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) outcome Meningkatnya cakupan pelayanan Kesehatan Ibu dan anak.
  2. Perbaikan Gizi Masyarakat dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya penjaringan/pemantauan kasus kurang gizi pada anak dan balita dan Target  kegiatan  Tersedianya data status gizi pada balita dan anak.
  3. Pembinaan Kesehatan Remaja dan Usila dengan sasaran kegiatan  terlaksananya pembinaan posyandu usia lanjut dan Target  kegiatan  meningkatnya derajat kesehatan remaja dan usia lanjut.


Program Pengembangan Lingkungan Sehat

  1. Penyehatan Lingkungan Permukiman dengan sasaran kegiatan  Tersedianya sarana sanitasi untuk sekolah dasar dan masyarakat dan Target  kegiatan  Meningkatnya hygiene dan sanitasi di sekolah – sekolah dan di lingkungan masyarakat.
  2. Pembangunan Area smooking dengan sasaran kegiatan  meningkatnya kesadaran masyarakat tentang bahaya rokok dan Target  kegiatan  terlaksananya pembangunan area smooking.


Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular

  1. Pemberian Imunisasi dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya imunisasi rutin dan vaksinasi anak sekolah dan Target  kegiatan  terimunisasinya semua bayi, Wanita Usia Subur (WUS) anak SD/MI/SDLB/SLB kelas 1 sampai degan kelas III.
  2. Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya kecepatan dalam penanggulangan kasus dan Target  kegiatan  Tertanganinya kasus yang ditemukan.
  3. Pemberantasan Penyakit TB Kusta dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya kegiatan monitoring, evaluasi dan pengobatan penderita kusta dan Target  kegiatan  tercapainya target penemuan, angka kesembuhan penderita kusta yang diobati.
  4. Pengamatan penyakit dan penaggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) / Bencana Alam dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya pelacakan KLB penyakit menular, keracunan makanan dan bencana alam dan Target  kegiatan  Tertanganinya KLB penyakit dan bencana alam.
  5. Penanggulangan Infeksi Menular Seksual (IMS) / HIV – AIDS dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya serro survey dan penyuluhan HIV/AIDS pada kelompok resti serta pembentukan klinik VCT dan Target  kegiatan  Tertanganinya penderita HIV/AIDS dan terbentuknya klinik VCT di RS Panti Rahayu.
  6. Pencegahan penyakit Avian Influensa (AI) / Flu Burung sasaran kegiatan  Terlaksananya pelacakan flu burung, adanya alat pelindung diri dan pelatihan kader flu burung serta Target  kegiatan  Tertanganinya kasus atau tersangka flu burung yang ditemukan.
  7. Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Tuberkulosis (TBC) dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya kegiatan monitoring, evaluasi dan pengobatan penderita TBC dan Target  kegiatan  tercapainya target penemuan, angka kesembuhan penderita TBC yang diobati.


Program Standarisasi Pelayanan Kesehatan

  1. Program ini diarahkan untuk standarisasi pelayanan di puskesmas yang ditempuh melalui Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Grobogan dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya pembinaan dan penilaian akreditasi puskesmas dan Target  kegiatan  Tercapainya standart pelayanan dasar di puskesmas.


Program Pengembangan SDM Kesehatan

  1. In House Training petugas tenaga Masak, Pramusaji dan Petugas Tenaga Medis dengan sasaran kegiatan  meningkatnya ketrampilan dan pengetahuan penunjang medik dan target kegiatan terwujudnya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tenaga penunjang medik.
  2. Pelatihan Manajemen Asfeksia Bayi Baru Lahir Bagi Bidan dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) bagi bidan puskesmas dan Target  kegiatan  Meningkatnya ketrampilan bidan puskesmas dalam menangani persalinan.


Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Kesehatan

  1. Pengadaan Peralatan Inventaris Kantor dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya pengadaan mesin absensi, komputer, LCD, meja dan kursi kerja biasa dan panjang dan Target  kegiatan  meningkatnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  2. Pengadaan Peralatan ATEM dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya pengadaan dan perbaikan alat kesehatan dan Target  kegiatan  meningkatnya pelayanan kesehatan dan terpeliharanya alat kesehatan.


Program Perencanaan. Pemantauan dan Pengendalian

  1. Pemantaun dan Pengendalian program kesehatan dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya bintek ke puskesmas dan evaluasi program puskesmas dan Target  kegiatan  Tercapainya program kerja puskesmas dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  2. Penyusunan Data Statistik dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya pertemuan petugas puskesmas dalam penyusunan buku Profil Kesehatan dan Target  kegiatan  Meningkatnya keakuratan data kesehatan yang dibutuhkan dalam penyususnan buku Profil Kesehatan.
  3. Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan dengan sasaran kegiatan  Terlaksananya pertemuan petugas Simpus dalam penguasaan software dan Target  kegiatan  Meningkatnya kemampuan dan ketrampilan petugas dalam mengolah data yang ada puskesmas.



About Me

Dasar Pembentukan Organiasasi :
Perda No. 9 Tahun 2008 tentang Susduk dan Tugas  Pokok Lemtekda dan BPPT Kab Grobogan.
Perbup No. 28 Tahun 2008 tentang Tupoksi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan

Contact Information

Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan
Alamat : Jl. Gajah Mada No.19 Purwodadi Grobogan, Kode pos : 58111
Telepon : 0292- 421049 / 424852
Email : dinkes@grobogan.go.id