Musim Hujan Tiba, Waspadai Wabah DBD

  • PDF

“Dengan datangnya musim penghujan di Grobogan akhir-akhir ini, masyarakat di Grobogan agar mewaspadai adanya bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD) yang setiap saat bisa saja terjadi di lingkungan kita,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Grobogan, dr. Johari Angkasa, kepada Gema Bersemi beberapa waktu lalu.

Johari mengatakan agar masyarakat mulai waspada terhadap DBD, serta mengantisipasi munculnya bahaya tersebut. Pihak Dinas Kesehatan juga telah menghimbau melalui petugas di lapangan agar warga masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yaitu dengan cara 3 M, menguras, mengubur dan menutup.

“Kebiasaan rutin ini (3M) bisa dilakukan melalui gerakan bersama oleh masyarakat sendiri di rumahnya dan kegiatan itu menjadi kebiasaan rutin setiap minggu,” harapnya.

Sampai saat ini pihak Dinas Kesehatan melalui Puskesmas tetap terus melakukan sosialisasi dengan menggencarkan kembali PSN. Karena untuk mengatasi masalah bahaya DBD, salah satunya adalah dengan tindakan PSN. Caranya bisa melalui fogging, sebab cara ini paling efektif dan efisien. Akan tetapi penggunaan fogging ini harus benar dan sesuai standar.

“Kita tahu bahwa fogging itu insektisida, jadi ada Standar Operasional Prosedur (SOP) nya, tidak asal semprot karena bisa menumpuk racun dan mencemari lingkungan,” paparnya.

Johari menghimbau kepada masyarakat agar dalam menghadapi musim penghujan yang telah tiba ini, perlunya partisipasi dan perhatian semua pihak untuk tetap membiasakan “kegiatan jumat bersih” yang telah menjadi kegiatan rutin. Kegiatan ini dapat dilakukan secara serentak dengan PSN, yakni menguras, mengubur dan menutup, sehingga kegiatan ini dapat meminimalkan DBD dan mengatasi sarang nyamuk. (Arf)

Sumber : Gema Bersemi Edisi 6 Tahun 2011

Add comment


About Me

Dasar Pembentukan Organiasasi :
Perda No. 9 Tahun 2008 tentang Susduk dan Tugas  Pokok Lemtekda dan BPPT Kab Grobogan.
Perbup No. 28 Tahun 2008 tentang Tupoksi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan

Contact Information

Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan
Alamat : Jl. Gajah Mada No.19 Purwodadi Grobogan, Kode pos : 58111
Telepon : 0292- 421049 / 424852
Email : dinkes@grobogan.go.id